Thursday, December 19, 2019

Bibit.id : Investasi Reksa dana Otomatis

Saat ini investasi sudah seperti kebutuhan. Karena dengan investasi kita dapat mempertahankan aset yang kita punya dari laju inflasi yang terjadi. Namun seringkali investasi dilihat sebagai momok bagi sebagian besar orang, dikarenakan investasi sering direlasikan dengan kesulitan dalam memantau pasar serta butuh biaya tinggi.

Namun saat ini terdapat instrumen investasi yang dapat dilakukan oleh sebagain besar orang, yaitu Reksa dana.
Reksa dana atau dalam bahasa inggris adalah Mutual Funds adalah metode investasi yang dilakukan oleh sebuah Manager Investasi(MI) atau dalam hal ini penyedia instrumen investasi reksa dana, yang akan mengalokasikan uang-uang dari banyak orang yang tergabung dalam suatu instrumen investasi yang telah biasa digunakan, maka dari itu reksadana terbagi oleh beberapa kategori sebagai berikut :

  • Reksa dana Pasar Uang (RDPU) : yang akan menginvestasikan dana pada instrumen investasi seperti deposito, pasar uang, ataupun hutang jangka pendek.
  • Reksa dana Obligasi (RDO) : yang akan menginvestasikan dana pada instrumen investasi obligasi atau surat hutang.
  • Reksa dana Saham (RDS) : yang akan menginvestasikan dana pada instrumen investasi saham.
Dengan adanya reksa dana, investor pemula tidak perlu khawatir lagi, karena dana akan dikelola secara profesional oleh manager investasi masing-masing. Selanjutnya investor hanya perlu meningkatkan modal(equity) yang mereka investasikan agar mendapatkan keuntungan(return) yang lebih tinggi dari instrumen investasi ini.

Bibit.id adalah sebuah aplikasi gawai yang dapat membantu mengelola portofolio investor reksa dana. selain itu banyak sekali keuntungan yang diberikan bibit.id kepada penggunanya, yang mana rasanya rugi bila kita tidak menggunakan aplikasi ini dalam mengelola portofolio reksa dana kita.
keuntungan Bibit.id adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan pendekatan teori Modern Portfolio yang diperkenalkan oleh ekonom Harry Markowitz yang sudah terbukti dapat menjaga resiko dan memaksimalkan keuntungan.
  • Membuat alokasi profil portofolio reksadana sesuai dengan profil investor; seperti konservatif, moderat, agresif.
  • Gratis biaya komisi; karena Bibit.id mendapatkan keuntungan dari manager investasi, bukan dari investor
Saat ini tidak ada alasan kita sebagai milenial tidak berinvestasi, terutama dengan seluruh kemudahan serta kenyamanan investasi yang disediakan oleh reksadana.
berikut adalah simulasi, jika kita rutin menabung/investasi di reksadana ketimbang di bank biasa.

Dari grafik diatas dapat dilihat, keuntungan yang mampu kita dapatkan dari investasi reksadana. hanya dengan rutin menabung satu juta rupiah tiap bulan, kita dapat memetik hasil senilai 5 miliar rupiah pada tahun ke-30 dengan reksa dana, ketimbang menabung di tabungan biasa yang hanya memberikan senilai sekitar 400 juta-an rupiah, hal ini dengan asumsi kenaikan nilai investasi 14,64% pertahun dari profil resiko moderat-agresif ketimbang dengan kenaikan nilai invetasi bunga tabungan yaitu 1,40% pertahun. 
Hal ini memungkinkan karena dalam reksa dana terdapat instilah compound interest yaitu bunga berbunga, yaitu hasil bunga yang kita dapat dari investasi reksa dana akan dihitung sebagai modal. Akibatnya semakin lama kita berinvestasi di reksa dana maka semakin tinggi keuntungan yang kita dapat.
Untuk menutup artikel, berikut kenapa kita harus berinvestasi di reksa dana sekarang juga :
  1. Dana investasi minim; dapat dilakukan mulai dari Rp. 10.000
  2. Dapat dicairkan kapanpun; tidak seperti deposito dan lainnya yang dapat terkena denda jika diambil lebih awal.
  3. Bukan objek pajak; keuntungan yang kita raih dari reksadana tidak akan dipotong pajak, namun kita tetap harus melaporkannya ya.
Akhir kata penulis akan mengutip quote dari Robert Kiyosaki, sang financial advisor dunia

"Don't work for money; make it work for you"
Robert T. Kiyosaki

---


Gunakan kode nabungbibit50 pada pendaftaran Bibit.id untuk mendapatkan cashback senilai Rp. 50.000 yang dapat dipakai pada saat pembelian reksa dana. 
Gratis konsultasi reksa dana dan belajar investasi bersama dengan penulis.

No comments:

Post a Comment

Let us discuss it :)